Cara Memulai Bisnis Ternak Sapi

Cara Memulai Bisnis Ternak Sapi – sapi dipenuhi dengan berbagai peluang, mulai dari susu dan daging sapi hingga penjualan anak sapi untuk pertunjukan di pameran lokal. Untuk memulai pertanian baru, Anda memerlukan rencana bisnis, sebidang tanah, dan uang awal. Bangun semua fitur yang dibutuhkan peternakan Anda, lalu mulailah dengan beberapa ekor sapi. Ubah sapi-sapi itu menjadi untung dan, seiring waktu, Anda dapat secara bertahap mengubah bisnis Anda menjadi peternakan sapi yang berkembang pesat.

Bisnis Ternak Sapi
Bisnis Ternak Sapi


Mulailah dengan peternakan kecil dan beberapa ekor sapi pada awalnya. 
Sebagian besar petani memulai dengan 2 hingga 5 ekor sapi. Mereka mungkin tidak memiliki uang atau pengalaman untuk menangani lebih banyak. Berfokuslah untuk mendapatkan beberapa sapi sehat, lalu mengubahnya menjadi untung sehingga Anda mampu membeli lebih banyak. Jual produk Anda di tingkat lokal untuk memulai. Situs ini akan membantu anda mengetahui tentang Bisnis Ternak Sapi.

  • Memelihara hanya beberapa sapi berarti tanah Anda tidak akan kewalahan. Sapi membutuhkan banyak ruang dan dapat memakan padang rumput untuk hancur jika Anda tidak berhati-hati.
  • Jika Anda memiliki uang dan pengalaman, memulai dengan seluruh kawanan adalah mungkin, tetapi hati-hati. Pastikan Anda memiliki gudang dan ruang padang rumput.

Pilih peternakan sapi untuk peternakan sapi pemeliharaan rendah. Peternakan sapi jauh lebih fleksibel daripada peternakan sapi perah. Peternak sapi menjual sapi sekali atau dua kali setahun, biasanya pada musim gugur. Mereka menghabiskan sisa waktu merawat kawanan mereka, memastikan bahwa sapi tumbuh kuat dan berotot. [1]

  • Peternak sapi cenderung mengandalkan lahan publik atau padang rumput yang bagus. Untuk memiliki kawanan yang sehat, Anda membutuhkan banyak ruang tanah. Sapi berkeliaran dan mencari makan banyak.

Bagaimana cara memulai bisnis ternak sapi ?

Mulai peternakan sapi perah untuk produk yang lebih intensif tetapi konstan. Peternak sapi perah harus sangat rajin untuk memastikan sapi mereka menghasilkan susu sebanyak mungkin. Sapi perah membutuhkan diet khusus yang diisi dengan nutrisi, yang membuatnya lebih mahal untuk dipelihara. Mereka harus diberi makan dan diperah pada waktu yang sama setiap hari, tetapi hasilnya adalah sapi yang baik menghasilkan susu sepanjang tahun. [2]

  • Biaya awal lebih besar di peternakan sapi perah daripada peternakan sapi. Peternakan sapi perah membutuhkan peralatan tambahan, seperti kandang kuda dan mesin pemerah susu. Sapi membutuhkan jerami berkualitas.
  • Untuk membuat sapi menghasilkan susu, Anda mungkin ingin memelihara sapi jantan. Bulls sedikit lebih sulit untuk ditangani dengan aman. Jika Anda tidak ingin lembu jantan, gunakan inseminasi buatan, lalu jual betis jantan untuk keuntungan ekstra.


Naikkan anak sapi untuk peternakan unik yang dapat memenuhi kebutuhan lokal. 
Peternakan anak sapi bermanfaat, tetapi sebagian besar petani tidak menyadari kesempatan untuk menjual anak sapi. Ini agak mirip dengan peternakan sapi perah, kecuali tanpa perlu peralatan pemerahan. Anda membesarkan anak sapi sebagai daging sapi muda atau menjualnya kepada orang lain, dari petani lain hingga klub seperti 4-H.

  • Anda membutuhkan anak sapi yang terpisah dan juga harus mempertimbangkan memelihara sapi jantan atau menggunakan inseminasi buatan.
    • Betis adalah keuntungan cepat karena Anda tidak perlu menunggu mereka tumbuh dewasa. Namun, jangan menjual semua betis Anda. Simpan beberapa untuk pertanian Anda.


Bertujuan untuk memiliki banyak ruang padang rumput agar sapi Anda berkeliaran. 
Setiap sapi membutuhkan sekitar 1 1 ⁄ 2  hingga 2 hektar (0,61-0,81 ha) ruang padang rumput per pasang anak sapi. Jumlah ruang ini menyediakan serat yang cukup untuk satu tahun. Sebagian besar petani dapat memelihara banyak sapi di satu padang rumput jika mereka berhati-hati. [3]

  • Jika Anda meninggalkan terlalu banyak sapi di padang rumput, mereka memakan semua rumput. Untuk mencegah hal ini, petani memutar sapi ke berbagai bidang. Selama Anda berhati-hati untuk tidak memaksakan sumber daya Anda, bidang Anda akan terus menghasilkan serat. Demikian ulasan tentang Bisnis Ternak Sapi. Semoga bermanfaat.